SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS XII



Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan    : SMK/MAK
Kelas                         : XII (dua belas)

Kompetensi Inti                 

KI 1  :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran/ Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

Pembelajaran  KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal


2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.



3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan menawarkan jasa serta responnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
Teks lisan dan tulis sederhana untuk menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Fungsi sosial:
Menawarkan jasa, untuk memberi bantuan sesuai dengan konteks terjadinya percakapan.

Struktur teks:
Person A: Would you like me to help you?
Person B: Yes, please, it it’s not too much trouble.

Person A: Can I give you a hand?
Person B: Thanks. That’s very kind of you.


Unsur kebahasaan:
(1)  Kosakata: berkaitan dengan menawarkan bantuan
(2)  Kata tanya Can I help you? Would you like me to…?  dst.
(3)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

Topik:
Ungkapan untuk menawarkan jasa.
Mengamati
·      Siswa melihat, mendengar, dan  dan menyaksikan guru menawarkan jasa dalam bahasa Inggris secara benar.
·      Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas, kalimat demi kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam menawarkan jasa.
·      Siswa menirukan guru mengatakan setiap kalimat.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang perbedaan antara ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi menawarkan jasa dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menawarkan jasa.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan untuk menawarkan jasa yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan untuk menawarkan jasa yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris untuk saling menawarkan jasa.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial menawarkan jasa.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menawarkan jasa.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menawarkan jasa.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk interaksi menawarkan jasa.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menawarkan jasa, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menawarkan jasa.
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 1– Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis



3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks  lisan dan tulis untuk penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan.

Fungsi sosial:
Menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan pada guru, teman dan orang lain.

Struktur teks

Man: I’m sorry to say this, but your grandma is seriously ill.
Woman: Oh no. Not again!
Man: I know how you feel. Let’s go to the hospital now.

Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata adjektiva terkait dengan penyakit, kecelakaan, kabar buruk, kabar baik.
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb,  terkait dengan kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladan tentang perilaku santun, peduli, percaya diri, dan cinta damai.

Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan, serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·      Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan,  serta meresponnya dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap santun, peduli, percaya diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) untuk menyatakan pendapat dan pikiran, serta responnya.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dalam menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 2 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis



3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Teks  lisan dan tulis untuk ungkapan meminta  perhatian bersayap (extended) serta responnya.

Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.

Struktur teks

Person A: Excuse me, ma’am?
Person B: Yes?
Person A: Could you tell me where the toilet is?


Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata terkait dengan meminta perhatian.
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.  terkait dengan kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, cinta damai, kerjasama, dan bertanggung jawab.
Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended) serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·      Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended) serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi penggunaan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended) serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi penggunaan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi yang menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial ungkapan untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap santun, peduli, percaya diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian bersayap (extended) ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), termasuk kemudahan dan kesulitannya.
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 3 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis

3.4.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4    Menangkap makna teks surat lamaran kerja
4.5. Menyunting  teks surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6. Menyusun teks tulis surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
       dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
 


Teks lisan dan tulis tentang surat lamaran kerja

Fungsi sosial:
Melamar kerja

Struktur teks

Dear Sir,…

.. I look forward to hearning from you. …

Yours faithfully, …

Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata yang terkait dengan surat lamaran kerja
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan.

Topik
Tindakan yang dilakukan di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menuliskan surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menuliskan surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menuliskan surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi penulisan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menuliskan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi penulisan surat lamaran kerja.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan surat lamaran kerja dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan dalam surat lamaran kerja yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan dalam surat lamaran kerja yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menuliskan surat lamaran kerja, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan surat lamaran kerja dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial untuk menuliskan surat lamaran kerja.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menuliskan surat lamaran kerja.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai penulisan surat lamaran kerja.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk interaksi dengan menuliskan surat lamaran kerja.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk penulisan surat lamran kerja, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menuliskan surat lamaran kerja, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan penulisan surat lamaran kerja.
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 4 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis

3.5  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks penyerta gambar (caption), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7  Menangkap makna teks penyerta gambar (caption)
4.8  Menyusun teks penyerta gambar (caption), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks  

Teks lisan dan tulis pada teks penyerta gambar (caption).

Fungsi sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

Struktur teks

On top of the picture …

We can see that …

In the background, there is …


Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata terkait dengan teks penyerta gambar (caption)
(2)  Tata bahasa:  tenses, prepositions of place
(3)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb, terkait dengan kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
.

Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyusun teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain (keteladanan), dengan unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.
·      Siswa dituntut untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan menyusun teks penyerta gambar (caption), dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya, dengan unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan ungkapan teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dalam teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dalam teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi dalam teks penyerta gambar (caption).
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris dalam menuliskan teks penyerta gambar (caption) dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan berbagai teks penyerta gambar (caption) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan berbagai teks penyerta gambar (caption) yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.  
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menuliskan teks penyerta gambar (caption) di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.  
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk dikomunikasikan teks penyerta gambar (caption) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial penulisan teks penyerta gambar (caption).
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks penyerta gambar (caption).
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai penulisan teks penyerta gambar (caption).

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) menuliskan surat pribadi, serta responnya.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan teks penyerta gambar (caption) ketika muncul kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan menuliskan teks penyerta gambar (caption), termasuk kemudahan dan kesulitannya.
6 JP

·      Buku Forward Grade XII Unit 5 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis

3.6  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.9  Menangkap makna teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial
4.10     Menyusun factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks lisan dan tulis berupa teks factual report, sesuai dengan konteks.

Fungsi sosial:
Menceritakan, menjelaskan

Struktur teks

Here you can see that …

We just got news that …

Are you serious?

What an accident!

Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata terkait dengan fakta tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan

Topik
Kegiatan, tindakan, kejadian, peristiwa, yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menjelaskan teks factual report, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menjelaskan teks factual report, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·      Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi penjelasan teks factual report.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips) dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan menjelaskan teks factual report yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan menjelaskan teks factual report yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menjelaskan teks factual report, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan teks factual report dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial menjelaskan teks factual report
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menjelaskan teks factual report
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menjelaskan teks factual report

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk interaksi dengan menjelaskan teks factual report

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan teks factual report ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menjelaskan teks factual report, kesudahannya, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menjelaskan teks factual report.
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 6 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh peragaan dalam bentuk  rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
·      Contoh interaksi tertulis
·      Contoh teks tertulis


3.7  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.11Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan

Fungsi sosial
Menjelaskan, mengungkapkan

Struktur teks

You should do it.

You should prepare your bag earlier.

You ought to clean the house.

Unsur kebahasaan
(1)  Tata bahasa: should, ought to
(2)  Kata kerja untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
(3)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

Topik
orang, benda, dsb yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai remaja dan pelajar SMK, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, ssiswa siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulkan beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
·      Siswa membaca semua teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, secara lebih cermat
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks yang menyatakan dan menanyakan tentang keharusan untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang ada dalam kehidupan siswa, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks yang menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, dan cinta damai.









Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks  tentang keharusan di lingkungan sekitar.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan

Portofolio
a.  Kumpulan karya teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang telah dibuat.
b.  Kumpulan hasil suntingan beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
c.  Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
d.    Lembar soal dan hasil tes
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 7 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh teks dari sumber otentik

3.8.  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.12     Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan fakta dan pendapat

Fungsi sosial:
Menjalin kedekatan emosional antar kerabat, rekan kerja, staf kantor, pengusaha dan pelanggan dsb. dengan cara menyatakan dan menanyakan tentang fakta dan pendapat

Struktur teks

The sun rises from east.

You must be born from a woman.

Led Zeppelin is among the best with Queen.

In my opinion, Ferrari is way better than Maserati.

Unsur kebahasaan
(1)  Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan untuk menyatakan fakta dan pendapat
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan

Topik
Peristiwa atau kegiatan penting yang terkait dengan kehidupan siswa di sekolah, rumah, dan masyarakat,  dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama dan bertanggung jawab


Mengamati
·      Siswa mencari teks tulis yang mengandung ungkapan untuk menyatakan fakta dan pendapat
·      Siswa mengumpulkan gambar dan foto teks tulis yang mengandung ungkapan untuk menyatakan fakta dan pendapat dari berbagai sumber termasuk internet, buku teks, dsb.
·      Siswa memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat










dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menyatakan fakta dan pendapat tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulkan beberapa teks untuk menyatakan fakta dan pendapat dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan fakta dan pendapat
·      Siswa membaca semua teks untuk menyatakan fakta dan pendapat secara lebih cermat
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks yang menyatakan fakta dan pendapat untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa menganalisis perbedaan dan persamaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat lebih banyak teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa Inggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks yang menyatakan fakta dan pendapat.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan untuk menyatakan fakta dan pendapat.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, dan cinta damai.




·      tangan.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang untuk fungsi nyata.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa memahami dan menghasilkan untuk menyatakan dan
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks  tentang menyatakan fakta dan pendapat di lingkungan sekitar.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan fakta dan pendapat, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks untuk menyatakan fakta dan pendapat, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks untuk menyatakan fakta dan pendapat

Portofolio
a.  Kumpulan karya teks untuk menyatakan fakta dan pendapat yang telah dibuat.
b.  Kumpulan hasil suntingan beberapa teks untuk menyatakan fakta dan pendapat.
c.  Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks untuk menyatakan fakta dan pendapat.
d.  Lembar soal dan hasil tes




6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 8 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh teks dari sumber otentik

3.9  Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13  Menangkap makna dalam teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/ TV


Teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV.

Fungsi sosial:
Menjelaskan, menyampaikan

Struktur teks

Hey have you heard …

This is hot news! I hear …

Incredible!

Really?

Unsur kebahasaan
(1)  Kosa kata berkaitan dengan bahasa berita
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)  Ejaan dan tanda baca
(5)  Tulisan tangan

Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi untuk melaksanakan fungsi sosial teks news item, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci) dari setiap teks tersebut.
















Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulan beberapa teks news item dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item.
·      Siswa membaca semua teks news item, secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-     fungsi sosial setiap teks
-     orang(-orang) yang terlibat, tempat, waktu, dsb dari peristiwa/kejadian/ pengalaman yang akan disampaikan
-     urutan kejadian secara kronologis, urut dan runtut
-     komentar atau penilaian umum tentang peristiwa/kejadian/pengalaman yang telah disampaikan (opsional, jika ada)
-     kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks news item untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks news item yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks-teks yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan
·         Siswa membuat beberapa teks tentang peristiwa/kejadian/pengalaman yang ada dalam kehidupan siswa di rumah, kelas, sekolah, dan sekitarnya dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (melaporkan, meneladani, membanggakan, berbagi pengalaman, dsb).
·         Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks news item dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks news item.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang teks news item.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
·       
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan pelajaran lain di kelas XI.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis dan menghasilkan teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan pelajaran lain di kelas XI nyata di lingkungan sekitar.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks  news item di lingkungan sekitar.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan teks news item, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar teks news item, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks news item.

Portofolio
a.  Kumpulan karya teks news item yang telah dibuat.
b.  Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks news item.
c.  Lembar soal dan hasil tes.

6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 9 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh teks dari sumber otentik

3.10     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh peritah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.14    Menangkap makna dalam teks tentang pengandaian diikuti oleh peritah/saran
Teks tentang pengandaian diikuti oleh peritah/saran

Fungsi sosial:
Mengungkapkan pengandaian diikuti oleh perintah/saran

Struktur teks

If you don’t study, you will fail the test.

You have to stand up to those bullies. Defend yourself!

If only I knew how to do that.

Unsur kebahasaan
(1)  Tata bahasa: If only, should, imperative sentences
(2)  Kosa kata terkait dengan pengandaian
(3)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·         Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·         Siswa membaca teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran.
·         Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosial dan, struktur teks.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran.

Mengumpulkan Informasi
·         Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulkan beberapa teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·         Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran.
·         Siswa membaca semua teks teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah terkumpul tersebut, secara lebih cermat

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menyampaikan beberapa teks teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah dibacanya kepada teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin, dsb.
·      Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat pemahaman fungsi sosial teks tentang pengandaian.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan pemahaman isi pesan teks tentang pengandaian.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Menganalisis isi pesan teks pengandaian

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa berusaha memahami dan menganalisis isi pesan teks pengandaian.
·      Observasi terhadap kesungguhan tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menganalisis teks eksposisi analitis, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca teks yang menuntut pemahaman tentang eksposisi analitis.

Portofolio
·      Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks eksposisi analitis yang telah dibuat.
·      Lembar soal dan hasil tes

6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 10 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh teks dari sumber otentik

3.11     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.15.   Menangkap makna teks prosedur berbentuk resep

Teks prosedur berbentuk resep

Fungsi sosial
Menceritakan tentang prosedur berbentuk resep

Struktur teks

Let’s begin …

First, …

Then, …

Finally, …


Unsur kebahasaan
(1)  Kata penghubung berkaitan dengan prosedur.
(2)  Kata kerja untuk menyatakan perintah dalam imperative sentences
(3)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan bertanggung jawab.

Mengamati
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan yang rapi beberapa teks prosedur berbentuk resep, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.
·      Siswa membaca dan mendengarkan teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.








Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.

Mengumpulkan Informasi
·      Secara kolaboratif, siswa mencari dan mengumpulkan beberapa teks prosedur berbentuk resep dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·      Siswa membaca rujukan dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep.
·      Siswa membaca semua teks biografi pendek tentang prosedur berbentuk resep, secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan:
-      fungsi sosial setiap teks
-      nama masakan yang dideskripsikan
-      kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan

·      Secara kolaboratif siswa meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks prosedur berbentuk resep untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks prosedur berbentuk resep yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur berbentuk resep yang mereka hasilkan.

Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat beberapa teks prosedur berbentuk resep yang ada dalam kehidupan siswa, dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam membuat teks prosedur berbentuk resep tentang orang terkenal dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks prosedur berbentuk resep.
·      Tingkat kelengkapan dalam menyebutkan prosedur berbentuk resep.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan,.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri.








Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks prosedur berbentuk resep nyata di lingkungan sekitar.

Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris
·      Observasi terhadap kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks biografi pendek tentang orang terkenal, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca dan menulis teks biografi pendek yang menuntut pemahaman dan pemaparan tentang orang terkenal.

Portofolio
a.  Kumpulan karya teks biografi pendek tentang orang terkenal yang telah dibuat.
b. Kumpulan hasil suntingan beberapa teks biografi pendek yang dibuat sendiri atau temannya tentang orang terkenal.
c.  Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks biografi pendek tentang orang terkenal.
d.  Lembar soal dan hasil tes

6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 11 – Penerbit Erlangga
·      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat
·      Contoh teks dari sumber otentik

3.12     Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.15    Menangkap pesan dalam lagu.
Lagu sederhana

Fungsi sosial:
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni

Unsur kebahasaan
(1)  Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4)  Ejaan dan tanda baca.
(5)  Tulisan tangan

Topik
Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi untuk berperilaku peduli dan cinta damai.

Mengamati
·      Siswa menyalin dengan tulisan tangan beberapa lagu berbahasa Inggris yang memberikan keteladanan atau menginspirasi di dalam buku koleksi lagunya.
·      Siswa berusaha memahami isi pesan lagu dengan menguasai unsur kebahasaan di dalamnya.
·      Hanya jika memungkinkan semuanya, siswa menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa membaca (dan jika memungkinkan, mendengarkan) salah satu lagu yang telah disalin.
·      Siswa menirukan membaca nyaring (dan jika memungkinkan, menyanyikan)  lagu tsb.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (isi pesan dan unsur kebahasaan) lagu tsb.
·      Siswa menuliskan pendapat dan perasaannya tentang isi lagu tsb. dalam buku koleksi lagunya.

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan isi pesan dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam beberapa lagu dalam buku koleksi lagunya tersebut di atas atau dengan lagu-lagu lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang pendapat dan perasaanya tentang lagu-lagu tersebut.

Mengkomunikasikan
·      Siswa membacakan dan melaporkan analisisnya tentang satu lagu lain pilihan sendiri dalam kerja kelompok, dengan cara menyebutkan isi pesan serta pendapat dan perasaannya tentang lagu tersebut.
·      Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami isi lagu dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
·      Tingkat ketercapaian fungsi sosial lagu.
·      Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam memahami isi pesan lagu.
·      Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·      Sikap tanggung jawab, kerjasama peduli, dan percaya diri
yang menyertai pemaparan tentang isi pesan serta pendapat dan perasaan siswa tentang isi pesan lagu.

Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas untuk menyebutkan isi pesan lagu secara singkat dan menyatakan kesan atau pendapatnya.
Observasi: 
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·      Observasi terhadap interaksi siswa berusaha memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
·      Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab
·      sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi tentang lagu.

Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu, termasuk kemudahan dan kesulitannya.

Tes tertulis
Membaca pemahaman tentang isi pesan lagu.
Portofolio
·      Kumpulan lagu yang ditulis tangan
·      Kumpulan hasil analisis tentang beberapa lagu yang telah dibuat.
·      Lembar soal dan hasil tes
6 JP
·      Buku Forward Grade XII Unit 12 – Penerbit Erlangga
·      Contoh lagu dalam CD/VCD/ DVD/kaset
·      Kumpulan lirik lagu






Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH KERAJAAN TARUMA NEGARA

MAKALAH KERAJAAN MAKASAR

KERAJAAN MATARAM ISLAM