SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS XII
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : XII (dua belas)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran/ Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
|
Pembelajaran
KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam
pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan,
penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
|
|
|
||
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan
jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1.
Menyusun teks
lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan menawarkan jasa serta responnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks lisan dan tulis sederhana untuk menawarkan
jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Fungsi sosial:
Menawarkan
jasa, untuk memberi bantuan sesuai dengan konteks
terjadinya percakapan.
Struktur teks:
Person
A: Would
you like me to help you?
Person
B: Yes, please, it it’s not too much trouble.
Person
A: Can I give you a hand?
Person
B: Thanks. That’s very kind of you.
Unsur kebahasaan:
(1) Kosakata: berkaitan dengan menawarkan
bantuan
(2) Kata tanya Can I help you? Would you
like me to…? dst.
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik:
Ungkapan
untuk menawarkan jasa.
|
Mengamati
·
Siswa melihat, mendengar,
dan dan menyaksikan guru menawarkan jasa dalam bahasa Inggris secara benar.
·
Guru mengulanginya
berkali-kali, dan secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara
jelas, kalimat demi kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan
dalam menawarkan jasa.
·
Siswa menirukan guru mengatakan
setiap kalimat.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang
perbedaan antara ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks,
dsb.
·
Siswa mengikuti dan menirukan
contoh-contoh interaksi menawarkan jasa dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan) interaksi menawarkan jasa.
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan
untuk menawarkan jasa yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan antara
ungkapan untuk menawarkan jasa yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa
Inggris untuk saling menawarkan jasa.
·
Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam menawarkan jasa dalam bahasa Inggris dan menuliskannya dalam
jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menawarkan jasa.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menawarkan jasa.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menawarkan jasa.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk
interaksi menawarkan
jasa.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menawarkan jasa, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar
kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar menawarkan jasa, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan
kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menawarkan
jasa.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit
1– Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2.
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengawali
penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan.
Fungsi sosial:
Menyampaikan berita atau informasi yang
mengejutkan pada guru, teman dan orang lain.
Struktur teks
Man: I’m sorry to say this, but your grandma is
seriously ill.
Woman: Oh no. Not again!
Man: I know how you feel. Let’s go to the hospital
now.
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata adjektiva terkait dengan penyakit, kecelakaan, kabar buruk, kabar baik.
(2) Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik,
kakak, dsb, terkait dengan
kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas,
dengan memberikan keteladan tentang perilaku santun, peduli, percaya diri,
dan cinta damai.
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan,
serta meresponnya, dalam bahasa
Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang
dipilih untuk mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh
keteladanan tersebut dengan menyampaikan berita atau informasi yang mengejutkan,
serta meresponnya dalam bahasa Inggris dan
bahasa lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara menyampaikan berita atau informasi
yang mengejutkan, dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi menyampaikan berita atau
informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa
Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi menyampaikan berita atau
informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa
Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi menyampaikan berita dan
informasi yang mengejutkan, serta responnya.
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut
di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa Inggris
setiap kali muncul kesempatan menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya, di dalam dan di luar kelas,
dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, serta responnya.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur ungkapan menyampaikan berita dan informasi yang
mengejutkan, serta responnya.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, percaya
diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan menyampaikan berita dan
informasi yang mengejutkan, serta responnya.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) untuk menyatakan
pendapat dan pikiran, serta responnya.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan berita dan
informasi yang mengejutkan ketika muncul kesempatan di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana bahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dalam
menyampaikan berita dan informasi yang mengejutkan, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 2 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan
dan merespon ungkapan meminta perhatian
bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk ungkapan meminta
perhatian bersayap (extended) serta responnya.
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Struktur teks
Person A: Excuse me, ma’am?
Person B: Yes?
Person A: Could you tell me where the toilet is?
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan meminta perhatian.
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik,
kakak, dsb. terkait dengan kegiatan
siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku perilaku santun, peduli, jujur,
disiplin, percaya diri, cinta damai, kerjasama, dan bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended) serta meresponnya, dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain, dengan unsur kebahasaan yang dipilih untuk
mendekatkan hubungan interpersonal dengan siswa (keteladanan).
·
Siswa dituntut untuk mencontoh
keteladanan tersebut dengan menggunakan ungkapan meminta
perhatian bersayap (extended) serta meresponnya, dalam bahasa Inggris dan bahasa
lainnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi penggunaan ungkapan meminta perhatian bersayap
(extended) serta responnya dalam bahasa Inggris dari film,
kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi penggunaan ungkapan meminta
perhatian bersayap (extended), serta responnya dalam bahasa Inggris dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan) interaksi yang menggunakan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya dalam konteks pembelajaran,
simulasi, role-play, dan kegiatan
lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa
Inggris setiap kali muncul kesempatan menggunakan ungkapan
meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, di dalam dan di luar kelas,
dengan unsur kebahasaan yang dapat mendekatkan hubungan interpersonal.
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
· Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk meminta
perhatian bersayap (extended), serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial ungkapan untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur ungkapan untuk meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, percaya
diri dan cinta damai yang menyertai ungkapan
meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam
menggunakan ungkapan meminta
perhatian bersayap (extended), serta responnya.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk meminta perhatian bersayap (extended) ketika muncul kesempatan di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar
sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan menggunakan
ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), termasuk kemudahan dan kesulitannya.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 3 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4 Menangkap makna teks surat lamaran kerja
4.5. Menyunting teks
surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.6. Menyusun teks tulis surat
lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis tentang surat lamaran kerja
Fungsi sosial:
Melamar
kerja
Struktur teks
Dear Sir,…
.. I look forward to hearning from you. …
Yours faithfully, …
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata yang terkait dengan surat lamaran kerja
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan.
Topik
Tindakan yang dilakukan di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin,
percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menuliskan surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa dituntut untuk mencontoh
kebiasaan tersebut dengan menuliskan surat lamaran
kerja, dalam bahasa Inggris, dengan
unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara cara menuliskan
surat lamaran kerja, dalam bahasa Inggris
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi penulisan surat lamaran
kerja dalam bahasa Inggris dari
film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi dengan menuliskan surat lamaran
kerja dalam bahasa Inggris dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan) interaksi penulisan surat lamaran
kerja.
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan surat lamaran kerja
dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play,
dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan dalam surat lamaran kerja yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan dalam surat lamaran kerja yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa
Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menuliskan surat lamaran kerja,
di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
·
Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan
surat lamaran kerja
dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial untuk menuliskan surat lamaran kerja.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menuliskan surat lamaran
kerja.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai penulisan surat lamaran kerja.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk
interaksi dengan menuliskan
surat lamaran kerja.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk penulisan surat lamran
kerja, ketika muncul kesempatan, di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar menuliskan surat lamaran kerja, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan
kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan penulisan
surat lamaran kerja.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 4 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks penyerta gambar
(caption), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7
Menangkap makna teks penyerta gambar (caption)
4.8
Menyusun teks penyerta gambar (caption), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis pada teks penyerta gambar (caption).
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur teks
On
top of the picture …
We
can see that …
In
the background, there is …
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan teks penyerta gambar (caption)
(2) Tata bahasa:
tenses, prepositions of place
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik,
kakak, dsb, terkait dengan kegiatan siswa sehari-hari di rumah,
sekolah, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku santun dan peduli.
.
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyusun teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris, bahasa
Indonesia, dan bahasa lain (keteladanan), dengan unsur kebahasaan yang dapat
menjaga hubungan interpersonal.
·
Siswa dituntut untuk mencontoh
keteladanan tersebut dengan menyusun teks penyerta gambar
(caption), dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya, dengan
unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan ungkapan teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi dalam teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks,
dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi dalam teks penyerta gambar (caption) dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi dalam teks penyerta gambar (caption).
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris dalam menuliskan teks penyerta gambar (caption) dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan berbagai teks penyerta gambar (caption) yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan berbagai teks penyerta gambar (caption) yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa
Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menuliskan teks penyerta gambar (caption) di dalam dan di luar kelas, dengan
unsur kebahasaan yang dapat menjaga hubungan interpersonal.
·
Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi
yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk dikomunikasikan
teks penyerta gambar (caption) dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial penulisan teks penyerta gambar (caption).
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks penyerta gambar (caption).
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap santun, peduli, dan
percaya diri yang menyertai penulisan teks penyerta gambar (caption).
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) menuliskan surat
pribadi, serta responnya.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan teks penyerta gambar (caption) ketika muncul
kesempatan di dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kesantunan
dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar
sederhana bahasa Indonesia tentang pengalaman belajar berinteraksi dengan menuliskan teks
penyerta gambar (caption), termasuk kemudahan dan kesulitannya.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 5 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks factual report berbentuk teks ilmiah
faktual tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial,
sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.9
Menangkap makna teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial
4.10
Menyusun factual report berbentuk teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis berupa teks factual
report, sesuai dengan konteks.
Fungsi sosial:
Menceritakan, menjelaskan
Struktur teks
Here
you can see that …
We
just got news that …
Are
you serious?
What
an accident!
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata terkait dengan fakta tentang orang,
binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan sosial
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Kegiatan, tindakan, kejadian, peristiwa, yang relevan dengan kehidupan
siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang
perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta
damai, dan bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menjelaskan teks factual
report,
dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
·
Siswa dituntut untuk mencontoh
kebiasaan tersebut dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang
sesuai dengan fungsi sosialnya.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara cara menjelaskan teks factual report, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku
teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi dengan menjelaskan teks factual report dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan) interaksi penjelasan teks factual report.
·
Secara kolaboratif, siswa
berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips) dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menjelaskan teks factual
report yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa membandingkan ungkapan menjelaskan teks factual
report yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menggunakan bahasa
Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menjelaskan teks factual report, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan teks
factual report dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial menjelaskan teks factual report
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menjelaskan teks factual report
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menjelaskan teks factual
report
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role-play) dalam bentuk
interaksi dengan menjelaskan teks
factual report
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan teks factual report ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar
kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar menjelaskan teks
factual report, kesudahannya, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks yang menuntut pemahaman dan
kemampuan menghasilkan teks yang di dalamnya termasuk tindakan menjelaskan teks factual report.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 6 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/ DVD/kaset
· Contoh interaksi tertulis
· Contoh teks tertulis
|
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.11Menyusun
teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan,
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
Fungsi sosial
Menjelaskan,
mengungkapkan
Struktur teks
You should do it.
You should prepare your bag earlier.
You ought to clean the house.
Unsur kebahasaan
(1) Tata bahasa: should,
ought to
(2) Kata kerja untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
orang, benda,
dsb yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai remaja dan
pelajar SMK, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan
bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
·
Siswa membaca dan mendengarkan
teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks dan unsur kebahasaan dari
setiap teks tersebut.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, ssiswa siswa menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari setiap teks tersebut.
siswa
menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulkan beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film,
koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan.
·
Siswa membaca semua teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, secara lebih cermat
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks yang menyatakan dan menanyakan tentang keharusan untuk mencapai fungsi sosial yang
berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang
keharusan yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat beberapa teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang ada dalam kehidupan siswa, dalam bahasa
Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosial nyata yang hendak dicapai (membanggakan, mengenalkan,
mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb).
·
Siswa berupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial teks yang menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, dan cinta damai.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks tentang keharusan di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan
tentang keharusan, ketika muncul kesempatan, di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan
Portofolio
a. Kumpulan karya teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan yang telah dibuat.
b. Kumpulan hasil suntingan beberapa teks untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan.
c. Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks untuk menyatakan dan
menanyakan tentang keharusan.
d. Lembar soal dan hasil tes
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 7 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh teks dari sumber otentik
|
3.8. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks yang menyatakan
fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.12
Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan fakta
dan pendapat
Fungsi sosial:
Menjalin kedekatan emosional antar kerabat, rekan kerja, staf kantor,
pengusaha dan pelanggan dsb. dengan cara menyatakan dan menanyakan tentang fakta
dan pendapat
Struktur teks
The sun
rises from east.
You must be
born from a woman.
Led Zeppelin
is among the best with Queen.
In my
opinion, Ferrari is way better than Maserati.
Unsur kebahasaan
(1) Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan untuk menyatakan fakta dan pendapat
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Peristiwa atau kegiatan penting yang terkait dengan kehidupan siswa di
sekolah, rumah, dan masyarakat, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
kerjasama dan bertanggung jawab
|
Mengamati
·
Siswa mencari teks tulis yang mengandung ungkapan untuk menyatakan fakta
dan pendapat
·
Siswa mengumpulkan gambar dan
foto teks tulis yang mengandung ungkapan untuk menyatakan fakta dan pendapat dari berbagai sumber termasuk
internet, buku teks, dsb.
·
Siswa memberikan komentar dan
pandangannya tentang fungsi teks tulis untuk menyatakan fakta
dan pendapat
dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang
perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
antara teks tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak ada, dsb.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menyatakan fakta dan pendapat tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari setiap teks tersebut.
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kolaboratif, siswa mencari
dan mengumpulkan beberapa teks untuk menyatakan fakta dan pendapat dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film,
koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan fakta dan
pendapat
·
Siswa membaca semua teks untuk menyatakan fakta dan pendapat secara lebih cermat
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks yang menyatakan fakta dan pendapat untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda,
dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
·
Siswa menganalisis perbedaan
dan persamaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari berbagai teks tulis untuk menyatakan fakta
dan pendapat yang telah dipelajari tersebut di atas dengan yang ada di
sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat lebih banyak teks
tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa Inggris untuk fungsi
sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.
·
Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam membuat teks tulis untuk menyatakan fakta dan pendapat dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial teks yang menyatakan fakta dan pendapat.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan untuk menyatakan fakta
dan pendapat.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan
·
Sikap tanggung jawab, kerjasama, dan cinta damai.
·
tangan.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan
datang.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang untuk fungsi nyata.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan siswa
memahami dan menghasilkan untuk menyatakan dan
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks tentang menyatakan fakta dan pendapat di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan fakta dan
pendapat, ketika muncul kesempatan, di
dalam dan di luar kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks untuk
menyatakan fakta dan pendapat, termasuk
kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks untuk menyatakan fakta dan pendapat
Portofolio
a. Kumpulan karya teks untuk menyatakan fakta dan pendapat yang telah dibuat.
b. Kumpulan hasil suntingan beberapa teks untuk menyatakan fakta
dan pendapat.
c. Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks untuk menyatakan fakta
dan pendapat.
d. Lembar soal dan hasil tes
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 8 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh teks dari sumber otentik
|
3.9 Menganalisis struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks news item berbentuk berita sederhana
dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13
Menangkap makna
dalam teks news item berbentuk
berita sederhana dari koran/radio/ TV
|
Teks news item berbentuk
berita sederhana dari koran/radio/TV.
Fungsi sosial:
Menjelaskan,
menyampaikan
Struktur teks
Hey have you heard …
This is hot news! I hear …
Incredible!
Really?
Unsur kebahasaan
(1) Kosa kata berkaitan dengan bahasa
berita
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa
sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan
bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi untuk melaksanakan fungsi
sosial teks news item, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan
benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan
teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks (termasuk a.l. gagasan utama
dan informasi rinci) dari setiap teks tersebut.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks
tersebut.
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulan beberapa teks news item dari berbagai sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah,
buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item.
·
Siswa membaca semua teks news item, secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
- fungsi sosial setiap teks
- orang(-orang) yang terlibat, tempat, waktu, dsb
dari peristiwa/kejadian/
pengalaman yang akan disampaikan
- urutan kejadian secara kronologis, urut dan
runtut
- komentar atau penilaian umum tentang
peristiwa/kejadian/pengalaman yang telah disampaikan (opsional, jika ada)
- kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks news item untuk mencapai fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks news item yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam
teks-teks yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat beberapa teks tentang peristiwa/kejadian/pengalaman yang ada dalam kehidupan siswa di rumah, kelas,
sekolah, dan sekitarnya dalam bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosial nyata yang hendak dicapai (melaporkan, meneladani, membanggakan, berbagi
pengalaman, dsb).
·
Siswa berupaya berbicara
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar
dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas
dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam membuat teks news item dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial teks news item.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang teks news
item.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, kerapihan tulisan tangan.
·
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan
dan menanyakan tentang ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,
sederhana tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan
sosial, terkait dengan pelajaran lain di kelas XI.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis dan menghasilkan teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,
sederhana tentang orang, binatang, benda, gejala, dan peristiwa alam dan
sosial, terkait dengan pelajaran lain di kelas XI nyata di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks news
item di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menuliskan teks news item, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar
kelas.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan
diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar teks news item, termasuk kemudahan dan
kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks news item.
Portofolio
a. Kumpulan karya teks news item yang telah dibuat.
b. Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks news item.
c. Lembar soal dan hasil tes.
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 9 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh teks dari sumber otentik
|
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh peritah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna dalam teks tentang pengandaian diikuti oleh peritah/saran
|
Teks tentang
pengandaian diikuti oleh peritah/saran
Fungsi sosial:
Mengungkapkan
pengandaian diikuti oleh perintah/saran
Struktur teks
If you don’t study, you will
fail the test.
You have to stand up to
those bullies. Defend yourself!
If only I knew how to do
that.
Unsur kebahasaan
(1) Tata bahasa: If only, should, imperative sentences
(2) Kosa kata terkait dengan pengandaian
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa
sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan
bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan yang rapi beberapa teks tentang pengandaian
diikuti oleh perintah/saran, dengan menggunakan ejaan dan
tanda baca dengan benar.
·
Siswa membaca teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi
fungsi sosial dan, struktur teks.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang
pengandaian diikuti oleh perintah/saran.
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulkan beberapa teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran dari berbagai sumber, termasuk dari
internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks tentang pengandaian
diikuti oleh perintah/saran.
·
Siswa membaca semua teks teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah terkumpul tersebut, secara lebih cermat
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber
tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang digunakan dalam teks tentang pengandaian
diikuti oleh perintah/saran.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyampaikan beberapa teks teks tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran yang telah dibacanya kepada
teman-temannya, dengan cara antara lain membacakan, menyalin, dsb.
·
Siswa berupaya membaca
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami teks teks tentang
pengandaian diikuti oleh perintah/saran dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam
bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat pemahaman fungsi sosial
teks tentang pengandaian.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan pemahaman isi pesan teks tentang pengandaian.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, dan percaya diri.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Menganalisis isi pesan teks pengandaian
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa berusaha memahami dan menganalisis isi pesan teks pengandaian.
·
Observasi terhadap kesungguhan
tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap
tahapan.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar menganalisis teks
eksposisi analitis, termasuk kemudahan dan
kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca teks yang menuntut pemahaman tentang eksposisi
analitis.
Portofolio
·
Kumpulan hasil analisis tentang
beberapa teks eksposisi analitis yang telah dibuat.
·
Lembar soal dan hasil tes
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 10 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh teks dari sumber otentik
|
3.11
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.15. Menangkap makna teks prosedur berbentuk resep
|
Teks prosedur
berbentuk resep
Fungsi sosial
Menceritakan
tentang prosedur berbentuk resep
Struktur teks
Let’s begin …
First, …
Then, …
Finally, …
Unsur kebahasaan
(1) Kata penghubung berkaitan
dengan prosedur.
(2) Kata kerja untuk menyatakan perintah
dalam imperative sentences
(3) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5) Ejaan dan tanda baca
(6) Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang relevan dengan kehidupan siswa
sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai, dan
bertanggung jawab.
|
Mengamati
·
Siswa menyalin dengan tulisan tangan
yang rapi beberapa teks prosedur berbentuk resep, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan
benar.
·
Siswa membaca dan mendengarkan
teks-teks tersebut untuk memahami isi pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi
fungsi sosial dan struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap
teks tersebut.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks
tersebut.
Mengumpulkan Informasi
·
Secara kolaboratif, siswa
mencari dan mengumpulkan beberapa teks prosedur berbentuk resep dari berbagai
sumber, termasuk dari internet, film, koran, majalah, buku teks, dsb.
·
Siswa membaca rujukan dari
berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep.
·
Siswa membaca semua teks biografi pendek tentang prosedur berbentuk resep, secara lebih cermat dengan cara
mengidentifikasi dan menyebutkan:
-
fungsi sosial setiap teks
-
nama masakan yang
dideskripsikan
-
kosa kata, tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan
·
Secara kolaboratif siswa meniru
contoh-contoh yang ada untuk membuat teks prosedur berbentuk resep untuk mencapai
fungsi sosial yang berbeda-beda, dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang sesuai konteks.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks prosedur berbentuk resep yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur berbentuk resep yang mereka hasilkan.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat beberapa teks prosedur berbentuk resep yang ada dalam kehidupan siswa, dalam
bahasa Inggris, dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosial nyata yang hendak dicapai.
·
Siswa berupaya
berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan
yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam membuat teks prosedur berbentuk resep tentang orang terkenal dan menuliskannya
dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial teks prosedur berbentuk resep.
·
Tingkat kelengkapan dalam
menyebutkan prosedur berbentuk resep.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan,.
·
Sikap tanggung jawab,
kerjasama, dan percaya diri.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas menganalisis, menyunting, dan menghasilkan teks prosedur
berbentuk resep nyata di lingkungan sekitar.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap tindakan
siswa menggunakan bahasa Inggris
·
Observasi terhadap kerja sama
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar
kelas.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar memahami dan menghasilkan teks biografi pendek tentang orang terkenal, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca dan menulis teks biografi pendek yang menuntut pemahaman dan pemaparan tentang orang terkenal.
Portofolio
a. Kumpulan karya teks biografi pendek tentang orang terkenal yang telah dibuat.
b. Kumpulan hasil suntingan beberapa teks biografi pendek yang dibuat sendiri atau
temannya tentang orang terkenal.
c. Kumpulan hasil analisis tentang beberapa teks biografi pendek tentang orang terkenal.
d. Lembar soal dan hasil tes
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 11 – Penerbit Erlangga
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap
tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
· Contoh teks dari sumber otentik
|
3.12 Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu.
4.15 Menangkap pesan dalam lagu.
|
Lagu sederhana
Fungsi sosial:
Memahami pesan moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
Unsur kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca.
(5) Tulisan tangan
Topik
Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi untuk berperilaku
peduli dan cinta damai.
|
Mengamati
·
Siswa menyalin dengan tulisan
tangan beberapa lagu berbahasa Inggris yang memberikan keteladanan atau
menginspirasi di dalam buku koleksi lagunya.
·
Siswa berusaha memahami isi
pesan lagu dengan menguasai unsur kebahasaan di dalamnya.
·
Hanya jika memungkinkan
semuanya, siswa menyanyikan lagu-lagu tersebut.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengumpulkan Informasi
·
Siswa membaca (dan jika
memungkinkan, mendengarkan) salah satu lagu yang telah disalin.
·
Siswa menirukan membaca nyaring
(dan jika memungkinkan, menyanyikan)
lagu tsb.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (isi pesan dan unsur kebahasaan) lagu
tsb.
·
Siswa menuliskan pendapat dan
perasaannya tentang isi lagu tsb. dalam buku koleksi lagunya.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan isi pesan
dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam beberapa lagu dalam buku koleksi
lagunya tersebut di atas atau dengan lagu-lagu lain.
·
Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang pendapat dan perasaanya tentang
lagu-lagu tersebut.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membacakan dan melaporkan
analisisnya tentang satu lagu lain pilihan sendiri dalam kerja kelompok,
dengan cara menyebutkan isi pesan serta pendapat dan perasaannya tentang lagu
tersebut.
·
Siswa berupaya membaca
secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis
dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam memahami isi lagu dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
|
Kriteria Penilaian
·
Tingkat ketercapaian fungsi
sosial lagu.
·
Tingkat kelengkapan dan
keruntutan dalam memahami isi pesan lagu.
·
Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, tulisan tangan.
·
Sikap tanggung jawab, kerjasama
peduli, dan percaya diri
yang menyertai pemaparan tentang
isi pesan serta pendapat dan perasaan siswa tentang isi pesan lagu.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Tugas untuk menyebutkan isi pesan lagu secara singkat dan menyatakan
kesan atau pendapatnya.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·
Observasi terhadap interaksi
siswa berusaha memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
·
Observasi terhadap kesungguhan,
tanggung jawab
·
sama siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
·
Observasi terhadap kepedulian
dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi tentang lagu.
Penilaian diri:
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa
Indonesia tentang pengalaman belajar memahami fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagu, termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Tes tertulis
Membaca pemahaman tentang isi pesan lagu.
Portofolio
·
Kumpulan lagu yang ditulis tangan
·
Kumpulan hasil analisis tentang
beberapa lagu yang telah dibuat.
·
Lembar soal dan hasil tes
|
6 JP
|
· Buku Forward Grade XII Unit 12 – Penerbit Erlangga
· Contoh lagu dalam CD/VCD/ DVD/kaset
· Kumpulan lirik lagu
|
Comments
Post a Comment