RPP BAHASA INGGRIS KELAS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : XII/Semester 1   
MateriPokok                            : Offering Service/Help, Accepting and Refusing Help
Sub MateriPokok                    : Pronouns (subject, object), Tenses (simple future, simple past)
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 Menit (3 Pertemuan)        
                                                                                               
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
        komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
        Indikator :
1)  BersyukurdapatberlatihmenggunakanbahasaInggrissebagaibahasapengantardalamberbagaisituasidankondisisebagaibekalketikabekerjabaik di dalammaupun di luarnegeri. 

2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal   dengan guru dan teman.
        Indikator :
1)      Menggunakan tata krama sopan santundan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)      Memiliki rasa pedulidan ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)     Menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.

2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
        melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
        Indikator :
1)      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri,dan bertanggung jawabketika melakukan proses pertukaran pesan baik verbal maupun nonverbal.
2)      Menunjukan disiplin ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.

2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam    melaksanakan komunikasi fungsional.
        Indikator :
1)      Menunjukkan sikap peduli dan cinta damai ketika berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.

3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
1)      Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, danunsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan menawarkan jasa serta responnyadengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
1)      Menuliskan teks menawarkan jasamelalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.
2)      Menuliskan teks menawarkan jasadengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
3)      Menghasilkan sebuah teks menawarkan jasa yang koheren.

                 
B. TUJUAN  PEMBELAJARAN
1)      Diberikan kesempatan berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri,siswa menunjukkan rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. (Sikap : bersyukur)
2)      Diberikan kesempatan untuk bekerja melalui individu, berpasangan maupun kelompok,siswa menunjukkan tanggungjawab dalambelajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. (Sikap : tanggungjawab)
3)      Diberikan tugas-tugas individu maupun kelompok, siswa dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. (Sikap : disiplin)
4)      Siswa dapat menyajikan sebuah teks tulis tentang menawarkan jasa dengan menggunakan susun anteks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang benar, kosakata yang relevandanunsur-unsurkebahasaan yang tepat.
5)      Siswa dapat menjelaskan secara baik tentang ungkapan menawarkan jasa.
6)      Diberikan berbagai macam wacana lisan, siswa dapat memahami makna dalam teks dengan merespon berbagai instruksi berkenaan dengan teks tersebut.
7)      Diberikan sebuah wacana tulis tentang menawarkan jasa, siswa dapat memahami makna teks tulis melalui berbagai macam pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut.
8)      Siswa dapat menghasilkan sebuah teks menawarkan jasa.
9)      Siswa dapat memahami pronouns (subject, object) dan tenses (simple future, simple past)sertapenggunaannyadalamkehidupansehari-hari.

C. MATERI  PEMBELAJARAN
Offering Service/Help, Accepting/Refusing Help

D. METODE  PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Communicative Approach
Model              : ContextualLearning
Metode            : Role-Play dan Diskusi

E. MEDIA, ALAT DAN  SUMBER  PEMBELAJARAN
1)      AlatdanBahan : LCD, Laptop, Speaker, Power Point Presentation
2)      SumberBelajar : Buku Forward Grade XII – PenerbitErlangga
KamusBahasaInggris (Oxford- Dictionary)




F. LANGKAH- LANGKAH  PEMBELAJARAN

PERTEMUAN  1
a)      KegiatanPendahuluan
1.   PemusatanPerhatiandanmotivasi :
-          Meminta siswa menuliskan beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan jasa atau pelayanan.
2.   Apersepsi :
-          Guru meminta siswa bekerja berpasangan menuliskan ungkapan menawarkan jasa untuk beberapa jenis pekerjaan yang telah ditulis sebelumnya.
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensidasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.

b)      KegiatanInti
1.      Memperlihatkan beberapa gambar dan menginstruksikan siswa secara individumenuliskan persamaanyang dimiliki gambar-gambar tersebut. (lihat buku Forward Grade XII halaman 2-3).
2.      Menginstruksikan siswa secara individu untuk mendengarkan audio dan berlatih mengucapkan contoh-contoh ungkapan menawarkan jasa. (lihat buku Forward Grade XII halaman 3-4).
3.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan memilih respon yang tepat untuk ungkapan-ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 3-4).
4.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih percakapan yang berisi ungkapan menawarkan jasa dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan tersebut. (lihat buku Forward Grade XII halaman 4-5).
5.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
6.      Menginstruksikan siswa secara berpasangandan bergantian berlatih ungkapan-ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 5).
7.      Menginstruksikan siswa secara individumengenali kata-kata yang mengandung bunyi ”long u” dan membuat kalimat dengan kata-kata tersebut serta mengucapkan kalimat yang dibuat dengan suara keras. (lihat buku Forward Grade XII halaman 6-7).
8.      Menginstruksikan siswa secara berpasanganberlatih menuliskan arti ungkapan menawarkan jasadalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. (lihat buku Forward Grade XII halaman 7).
9.      Menginstruksikan siswa secaraberpasangan untuk menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia dan membandingkannya dengan ungkapan menawarkan jasa dalam bahasa Inggris. (lihat buku Forward Grade XII halaman 7).
10.  Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
                                          
c)      Kegiatanakhir
1.   Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu, sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individu atau pasangan yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.
4. Menginstruksikan siswa untuk mencari tahu ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menawarkan jasasebagai bahan untuk pertemuan mendatang.


PERTEMUAN  2
a)      KegiatanPendahuluan
1.   PemusatanPerhatiandanmotivasi :
-          Menginstruksikan siswa untuk menyebutkan berbagai ungkapan yang digunakan dalam menawarkan jasa.
2.   Apersepsi :
-          Mengklasifikasikan beberapa contoh ungkapan yang termasuk menawarkan jasa serta responnya.
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)      KegiatanInti
1.      Menginstruksikan siswa secara individumenuliskan ungkapan-ungkapan menawarkan jasa sesuai gambar-gambar yang diberikan.(lihat buku Forward Grade XII halaman 9-10).
2.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
3.      Menginstruksikan siswa secara individu untuk mendengarkan audio dan memberi tanda pada kata-kata yang didengar. (lihat buku Forward Grade XII halaman 10).
4.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
5.      Menginstruksikan siswa secara berpasanganmenjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan audio yang didengar.(lihat buku Forward Grade XII halaman 10-11).
6.      Menginstruksikan kelompok untuk mempraktekkan dialog yang didengar dan menyusun dialog baru sesuai dengan topik yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 11).
7.      Menginstruksikan siswa secara individumenuliskan respon yang tepat untuk ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 11-12).
8.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
9.      Menginstruksikan siswa secara berpasanganberlatih percakapan yang diberikan dan menyusun percakapan baru sesuai dengan situasi yang diminta. (lihat buku Forward Grade XII halaman 12).

c)      Kegiatanakhir
1.      Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu, sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individuatau pasangan yang berkinerja baik.
3.      Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.
4.      Menginstruksikan siswa untuk terus berlatih menggunakan ungkapan sesuai dengan konteks penggunaannya.



PERTEMUAN  3
a)      KegiatanPendahuluan
1.   PemusatanPerhatiandanmotivasi :
-          Menginstruksikan siswa untuk menyebutkan contoh ungkapan menawarkan jasa.
2.   Apersepsi :
-          Menginstruksikan siswa secara individu untuk mengidentifikasi pronouns yang terdapat dalam ungkapan-ungkapan tersebut.
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.

b)      KegiatanInti
1.      Menginstruksikansiswasecaraindividumelengkapikalimatberbentukrumpang. (lihat buku Forward Grade XII halaman 14).
2.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
3.      Menginstruksikan siswa secaraindividumenjodohkan ungkapan-ungkapan yang diberikan dengan respon yang tepat. (lihat buku Forward Grade XII halaman 16).
4.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
5.      Menginstruksikan siswa secaraberpasanganmelengkapi percakapan berbentuk rumpang. (lihat buku Forward Grade XII halaman 16).
6.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
7.      Menginstruksikan siswa secaraberpasanganmembuat percakapan berdasarkan beberapa contoh situasi yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 17).
8.      Menginstruksikan siswa secara berpasanganberlatih percakapan di depan kelas. (lihat buku Forward Grade XII halaman 17).

c)      Kegiatanakhir
1.   Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu, sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.

G. PENILAIAN  HASIL PEMBELAJARAN
1)      Teknis : Tesdan Non-Tes

Teknis
BentukInstrumen
PengamatanSikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
UnjukKerja (Praktik)
Speaking Authentic Assessment Rubric
Writing Authentic Assessment Rubric
TesTertulis
UraiandanPilihanGanda
Portofolio
PanduanPenyusunanPortofolio

2)      ContohInstrumen
a)      Lembarpengamatansikap
No.
Aspek Yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Bersyukur




2.
Ingintahu




3.
TanggungJawab




4.
Disiplin





b)      RubrikPenilaianSikap
No.
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
1.
Bersyukur
3 : menunjukkan ekspresi bersyukur terhadap
     kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2 : belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
     bersyukur terhadap kesempatan dapat
     mempelajari bahasa Inggris
     sebagai bahasa pengantar komunikasi
     internasional, namun menaruh minat terhadap pembelajaran bahasa Inggris
1 : belum menunjukkan ekspresi
     bersyukur terhadap kesempatan dapat
     mempelajari bahasa Inggris
     sebagai bahasa pengantar komunikasi
     internasional atau memiliki semangat
belajar

2.
Rasa InginTahu
3 : menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
     antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2 : menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
     terlalu antusias, terlibat aktif dalam kegiatan
     kelompok ketika disuruh
1 : tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupuntelahdidoronguntukterlibat
3.
TanggungJawab
3 : tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
     tugas, namun belum menunjukkan upaya
     terbaiknya
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
     menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
4.
Disiplin
3 : tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
     tugas, namun melewati dari batas waktu yang
     ditentukan
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
     menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
     pernah terselesaikan

c)      Speaking Authentic Assessment Rubric
No.
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Language Expressions
has not shown the use of   language expression of giving advice at all
use the language expression of giving advice but not use it in a precise context
use the language expression of giving advice and use it in a precise context

5.
Content
simple and plain
begins to add some information
add more information


                                                                                                                  Total score


Final Score =
Total score : 4

d)              Writing Authentic Assessment Rubric
No.
Aspects to assessed
Maximum
Score
Achieved
Score
1.
Content and Topic
3

2.
Sentence Structure
3

3.
Sentence Coherence
3

4.
Complexity
3

5.
Neatness
3


Maximum score : 15
15

                                                                                                                          
No.
Aspects to be assessed
Score
1.
Content and Topic
·   content and topic are appropriate
·   content and topic are quite appropriate
·   content and topic are less appropriate
·   content and topic are inappropriate

3
2
1
0

2.
Sentence Structure
·   perfect
·   quite well
·   some are less appropriate
·   inappropriate

3
2
1
0

3.
Sentence Coherence
·   correct
·   quite correct
·   some are incorrect
·   all are incorrect

3
2
1
0

4.
Complexity
·   no mistakes in using words/terms
·   a few mistakes in using words/ terms
·   quite a lot of mistakes in using words/terms
·   many mistakes in using words/terms

3
2
1
0

5.
Neatness
·   perfectly neat and clean
·   quite neat and clean
·   less neat and clean
·   not neat and unclean

3
2
1
0


Maximum score : 15


                    Final result :Achieved score    X  10 =   
                                             Max. Score
Lembar SELF-REFLECTION
Before I learn this material
I don’t understand about : ………………………………………………………………………………………………………………………………
When I was learning this material
Difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………

How I overcame the difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
After I have learned this material
I think ………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………





                                                                                                Cisaat, 17 Juli 2017
Mengetahui,   
Kepala SMK ……………                                          Guru Mata Pelajaran



…………………………                                            ……………………….













 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : XII/Semester 1   
Materi Pokok                          : Giving Good News and Bad News, Responding to Good
                                                  News and Bad News
Sub Materi Pokok                   : Countable and Uncountable Nouns
Alokasi Waktu                        : 6 x 45 Menit (3 Pertemuan)        
                                                                                               
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
        komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
        Indikator :
1)  Bersyukur dapat  berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri.   

2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal   dengan guru dan teman.  
        Indikator :
1)      Menggunakan tata krama sopan santun dan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)      Memiliki rasa peduli dan ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)     Menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.

2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
        melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
        Indikator :
1)      Menunjukkan sikap jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab ketika melakukan proses pertukaran pesan baik verbal maupun nonverbal.
2)      Menunjukan disiplin ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.

2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai, dalam   melaksanakan komunikasi fungsional.
       Indikator :
1)      Menunjukkan sikap peduli dan cinta damai ketika berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.

3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
Indikator :
1)      Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
        Indikator :
1)      Menuliskan teks penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.
2)      Menuliskan teks penyamaian berita atau informasi yang mengejutkan dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
3)      Menghasilkan sebuah teks penyampaian berita atau informasi yang koheren.

                 
B. TUJUAN  PEMBELAJARAN
1)      Diberikan kesempatan berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri, siswa menunjukkan rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. (Sikap : bersyukur)
2)      Diberikan kesempatan untuk bekerja melalui individu, berpasangan maupun kelompok, siswa menunjukkan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. (Sikap : tanggung jawab)
3)      Diberikan tugas-tugas individu maupun kelompok, siswa dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. (Sikap : disiplin)
4)      Siswa dapat menyajikan sebuah teks tulis tentang penyampaian berita dan informasi dengan menggunakan susunan teks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang benar, kosakata yang relevan dan unsur-unsur kebahasaan yang tepat.
5)      Siswa dapat menjelaskan secara baik tentang ungkapan memberi saran dan tawaran.
6)      Diberikan berbagai macam wacana lisan, siswa dapat memahami makna dalam teks dengan merespon berbagai instruksi berkenaan dengan teks tersebut.
7)      Diberikan sebuah wacana tulis tentang penyampaian berita dan informasi, siswa dapat memahami makna teks tulis melalui berbagai macam pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut.
8)      Siswa dapat menghasilkan sebuah teks penyampaian berita dan informasi.
9)      Siswa dapat memahami countable dan uncountable nouns serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
C. MATERI  PEMBELAJARAN
          Giving Good News and Bad News, Responding to Good News and Bad News

D. METODE  PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Communicative Approach
Model              : Contextual Learning
Metode            : Role-Play dan Diskusi

E. MEDIA, ALAT DAN  SUMBER  PEMBELAJARAN
1)      Alat dan Bahan           : LCD, Laptop, Speaker, Power Point Presentation
2)      Sumber Belajar            : Buku Forward Grade XII – Penerbit Erlangga
                                      Kamus Bahasa Inggris (Oxford- Dictionary)

F. LANGKAH- LANGKAH  PEMBELAJARAN

PERTEMUAN  1
a)      Kegiatan Pendahuluan
1.   Pemusatan Perhatian dan motivasi :
-          Meminta siswa menuliskan berita atau informasi mengejutkan yang mereka dengar baru-baru ini.  
2.   Apersepsi :
-          Guru meminta siswa bekerja berpasangan menuliskan ungkapan berkaitan dengan berita atau informasi yang mengejutkan sesuai dengan pemahaman yang siswa miliki.  
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)      Kegiatan Inti
1.      Memperlihatkan beberapa gambar dan menginstruksikan siswa secara individu mendeskripsikan apa yang terjadi pada orang-orang dalam gambar-gambar tersebut. (lihat buku Forward Grade XII halaman 19).
2.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan menuliskan beberapa sebab situasi seseorang terkejut atau sedih. (lihat buku Forward Grade XII halaman 20).
3.      Menginstruksikan siswa secara individu mengulangi pengucapan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 20-21).
4.      Menginstruksikan siswa secara individu melengkapi percakapan berbentuk rumpang dan menggaris bawahi ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 21).
5.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
6.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan dan bergantian berlatih percakapan yang berisi ungkapan-ungkapan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 21).
7.      Menginstruksikan siswa secara individu mengenali kata-kata yang mengandung bunyi ”long o” dan membuat kalimat dengan kata-kata tersebut serta mengucapkan kalimat yang dibuat dengan suara keras. (lihat buku Forward Grade XII halaman 22).
8.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih menuliskan arti ungkapan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. (lihat buku Forward Grade XII halaman 23).
9.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan untuk menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia dan membandingkannya dengan ungkapan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris. (lihat buku Forward Grade XII halaman 23).
10.  Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
                                          
c)      Kegiatan akhir
1.   Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
    komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individu atau pasangan yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.
4. Menginstruksikan siswa untuk mencari tahu ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan sebagai bahan untuk pertemuan mendatang.


PERTEMUAN  2
a)      Kegiatan Pendahuluan
1.   Pemusatan Perhatian dan motivasi :
-          Menginstruksikan siswa untuk menyebutkan berbagai ungkapan yang digunakan dalam penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan.
2.   Apersepsi :
-          Mengklasifikasikan beberapa contoh ungkapan yang termasuk penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan serta responnya.
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)      Kegiatan Inti
1.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan menyusun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi percakapan yang utuh sesuai dengan situasi yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 25).
2.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
3.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih percakapan-percakapan yang baru saja disusun di aktivitas sebelumnya. (lihat buku Forward Grade XII halaman 25-26).
4.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih percakapan yang diberikan di depan kelas tanpa melihat buku. (lihat buku Forward Grade XII halaman 26).
5.      Menginstruksikan siswa secara kelompok menyusun percakapan sesuai dengan situasi yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 26).
6.      Mengkonfirmasikan percakapan yang benar bersama-sama.
7.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan berlatih percakapan yang baru disusun di aktivitas sebelumnya di depan kelas tanpa membawa catatan mereka. (lihat buku Forward Grade XII halaman 26).

c)      Kegiatan akhir
1.      Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
     komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individu, pasangan, atau kelompok yang berkinerja baik.
3.      Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.
4.      Menginstruksikan siswa untuk terus berlatih menggunakan ungkapan sesuai dengan konteks penggunaannya.



PERTEMUAN  3
a)      Kegiatan Pendahuluan
1.   Pemusatan Perhatian dan motivasi :
-          Menginstruksikan siswa untuk menyebutkan contoh ungkapan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan.
2.   Apersepsi :
-          Menginstruksikan siswa secara individu untuk mengidentifikasi countable dan uncountable nouns yang terdapat dalam ungkapan-ungkapan tersebut.  
3.   Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4.   Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.

b)      Kegiatan Inti
1.      Menginstruksikan siswa secara individu melengkapi kalimat berbentuk rumpang. (lihat buku Forward Grade XII halaman 28).
2.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
3.      Menginstruksikan siswa secara individu memilih ungkapan yang tepat untuk kalimat-kalimat yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 29).
4.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
5.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan menggaris bawahi ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 29).
6.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
7.      Menginstruksikan siswa secara individu mengerjakan latihan yang berkaitan dengan materi countable dan uncountable nouns. (lihat buku Forward Grade XII halaman 30).
8.      Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
9.      Menginstruksikan siswa secara berpasangan membuat percakapan tentang penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan sesuai dengan gambar-gambar yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 30-31).
10.  Menginstruksikan siswa secara berkelompok menuliskan berita dan informasi mengejutkan yang mereka tahu. (lihat buku Forward Grade XII halaman 32).

c)      Kegiatan akhir
1.   Bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
    komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi diri.

G. PENILAIAN  HASIL PEMBELAJARAN
1)      Teknis : Tes dan Non-Tes

Teknis
Bentuk Instrumen
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Unjuk Kerja (Praktik)
Speaking Authentic Assessment Rubric
Writing Authentic Assessment Rubric
Tes Tertulis
Uraian dan Pilihan Ganda
Portofolio
Panduan Penyusunan Portofolio

2)      Contoh Instrumen
a)      Lembar pengamatan sikap
No.
Aspek Yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Bersyukur




2.
Ingin tahu




3.
Tanggung Jawab




4.
Disiplin





b)      Rubrik Penilaian Sikap
No.
Aspek Yang Dinilai
Rubrik
1.
Bersyukur
3 : menunjukkan ekspresi bersyukur terhadap
     kesempatan dapat mempelajari bahasa      Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2 : belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
     bersyukur terhadap kesempatan dapat
     mempelajari bahasa Inggris
     sebagai bahasa pengantar komunikasi
     internasional, namun menaruh minat terhadap pembelajaran bahasa Inggris
1 : belum menunjukkan ekspresi
     bersyukur terhadap kesempatan dapat
     mempelajari bahasa Inggris
     sebagai bahasa pengantar komunikasi
     internasional atau memiliki semangat
     belajar

2.
Rasa Ingin Tahu
3 : menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
     antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2 : menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
     terlalu antusias, terlibat aktif dalam kegiatan
     kelompok ketika disuruh
1 : tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
3.
Tanggung Jawab
3 : tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
     tugas, namun belum menunjukkan upaya
     terbaiknya
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
     menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
     selesai
4.
Disiplin
3 : tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
     tugas, namun melewati dari batas waktu yang
     ditentukan
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
     menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
     pernah terselesaikan

c)      Speaking Authentic Assessment Rubric
No.
Criteria to be assessed
Low performance
7
Good
Performance
8
Very Good
Performance
9
Score


1.
Pronunciation
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
perfect pronunciation

2.
Intonation
monotonous
begins to vary the intonation
accurate intonation

3.
Grammar
too many mistakes
with 2 until 5
mistakes
no mistakes in grammar

4.
Language Expressions
has not shown the use of   language expression of giving advice at all
use the language expression of giving advice but not use it in a precise context
use the language expression of giving advice and use it in a precise context

5.
Content
simple and plain
begins to add some information
add more information


                                                                                                                  Total score


                                                                                  Final Score =
                                                                                    Total score : 4


d)              Writing Authentic Assessment Rubric
No.
Aspects to assessed
Maximum
Score
Achieved
Score
1.
Content and Topic
3

2.
Sentence Structure
3

3.
Sentence Coherence
3

4.
Complexity
3

5.
Neatness
3


Maximum score : 15
15

                                                                                                                          
No.
Aspects to be assessed
Score
1.
Content and Topic
·   content and topic are appropriate
·   content and topic are quite appropriate
·   content and topic are less appropriate
·   content and topic are inappropriate

3
2
1
0

2.
Sentence Structure
·   perfect
·   quite well
·   some are less appropriate
·   inappropriate

3
2
1
0

3.
Sentence Coherence
·   correct
·   quite correct
·   some are incorrect
·   all are incorrect

3
2
1
0

            4.
Complexity
·   no mistakes in using words/terms
·   a few mistakes in using words/ terms
·   quite a lot of mistakes in using words/terms
·   many mistakes in using words/terms

3
2
1
0

5.
Neatness
·   perfectly neat and clean
·   quite neat and clean
·   less neat and clean
·   not neat and unclean

3
2
1
0


Maximum score : 15

 Final result :  Achieved score    X  10 =   
                                             Max. Score
             
                             Lembar SELF-REFLECTION
Before I learn this material
I don’t understand about : ………………………………………………………………………………………………………………………………
When I was learning this material
Difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………

How I overcame the difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
After I have learned this material
I think ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………

    
              
           
                                                                                                Cisaat, 15 Juli 2017
Mengetahui,   
Kepala SMK                                                                                  Guru Mata Pelajaran









Comments

  1. If you're trying hard to lose pounds then you have to try this brand new personalized keto meal plan diet.

    To create this keto diet, licenced nutritionists, fitness trainers, and chefs have joined together to provide keto meal plans that are effective, convenient, economically-efficient, and satisfying.

    Since their launch in 2019, 100's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a certified keto meal plan diet can provide.

    Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKALAH KERAJAAN TARUMA NEGARA

MAKALAH KERAJAAN MAKASAR

MAKALAH KERAJAAN SINGASARI