RPP BAHASA INGGRIS KELAS XII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII/Semester 1
MateriPokok : Offering
Service/Help, Accepting and Refusing Help
Sub
MateriPokok : Pronouns
(subject, object), Tenses (simple future, simple past)
Alokasi Waktu :
6 x 45 Menit (3 Pertemuan)
A. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator :
1)
BersyukurdapatberlatihmenggunakanbahasaInggrissebagaibahasapengantardalamberbagaisituasidankondisisebagaibekalketikabekerjabaik
di dalammaupun di luarnegeri.
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Indikator :
1)
Menggunakan tata
krama sopan santundan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi
antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)
Memiliki rasa pedulidan
ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)
Menunjukkan tanggung
jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
Indikator :
1)
Menunjukkan sikap jujur, percaya diri,dan bertanggung
jawabketika melakukan proses pertukaran pesan baik verbal maupun nonverbal.
2)
Menunjukan disiplin ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerja sama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator :
1)
Menunjukkan sikap peduli dan cinta damai
ketika berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator :
1)
Menunjukkan fungsi
sosial, struktur teks, danunsur kebahasaan pada
ungkapan menawarkan jasa serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan menawarkan jasa serta responnyadengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Indikator :
1)
Menuliskan teks menawarkan
jasamelalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.
2)
Menuliskan teks menawarkan
jasadengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.
3)
Menghasilkan sebuah teks menawarkan jasa yang koheren.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1)
Diberikan
kesempatan berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai
situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri,siswa
menunjukkan rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. (Sikap : bersyukur)
2)
Diberikan kesempatan untuk bekerja melalui individu,
berpasangan maupun kelompok,siswa menunjukkan tanggungjawab dalambelajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. (Sikap : tanggungjawab)
3)
Diberikan
tugas-tugas individu maupun kelompok, siswa dapat menyelesaikannya dengan tepat
waktu. (Sikap : disiplin)
4)
Siswa
dapat menyajikan sebuah teks tulis tentang menawarkan jasa dengan menggunakan susun
anteks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang benar, kosakata
yang relevandanunsur-unsurkebahasaan yang tepat.
5)
Siswa dapat menjelaskan
secara baik tentang ungkapan menawarkan jasa.
6)
Diberikan berbagai
macam wacana lisan, siswa dapat memahami makna dalam teks dengan merespon
berbagai instruksi berkenaan dengan teks tersebut.
7)
Diberikan
sebuah wacana tulis tentang menawarkan jasa, siswa dapat memahami makna teks
tulis melalui berbagai macam pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut.
8)
Siswa dapat menghasilkan sebuah teks menawarkan jasa.
9)
Siswa dapat memahami pronouns (subject, object) dan tenses (simple future, simple past)sertapenggunaannyadalamkehidupansehari-hari.
C. MATERI
PEMBELAJARAN
Offering
Service/Help, Accepting/Refusing Help
D.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Communicative
Approach
Model :
ContextualLearning
Metode : Role-Play
dan Diskusi
E. MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1)
AlatdanBahan : LCD, Laptop, Speaker, Power Point
Presentation
2)
SumberBelajar : Buku Forward Grade XII – PenerbitErlangga
KamusBahasaInggris
(Oxford- Dictionary)
F. LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
a)
KegiatanPendahuluan
1.
PemusatanPerhatiandanmotivasi
:
-
Meminta siswa menuliskan
beberapa jenis pekerjaan yang berkaitan dengan jasa atau pelayanan.
2.
Apersepsi
:
-
Guru meminta siswa
bekerja berpasangan menuliskan ungkapan menawarkan jasa untuk beberapa jenis
pekerjaan yang telah ditulis sebelumnya.
3. Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau
kompetensidasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
KegiatanInti
1.
Memperlihatkan
beberapa gambar dan menginstruksikan siswa secara
individumenuliskan persamaanyang dimiliki gambar-gambar tersebut. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 2-3).
2.
Menginstruksikan
siswa secara individu untuk
mendengarkan audio dan berlatih mengucapkan contoh-contoh ungkapan menawarkan
jasa. (lihat buku Forward Grade XII
halaman 3-4).
3.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan memilih
respon yang tepat untuk ungkapan-ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 3-4).
4.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan berlatih
percakapan yang berisi ungkapan menawarkan jasa dan menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan percakapan tersebut. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 4-5).
5.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
6.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangandan
bergantian berlatih ungkapan-ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 5).
7.
Menginstruksikan
siswa secara individumengenali
kata-kata yang mengandung bunyi ”long u”
dan membuat kalimat dengan kata-kata tersebut serta mengucapkan kalimat yang
dibuat dengan suara keras. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 6-7).
8.
Menginstruksikan
siswa secara berpasanganberlatih menuliskan
arti ungkapan menawarkan jasadalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.
(lihat buku Forward Grade XII halaman
7).
9.
Menginstruksikan
siswa secaraberpasangan untuk
menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia dan membandingkannya dengan ungkapan
menawarkan jasa dalam bahasa Inggris. (lihat buku Forward Grade XII halaman 7).
10. Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
c)
Kegiatanakhir
1.
Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu,
sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individu atau pasangan yang
berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi
diri.
4. Menginstruksikan siswa untuk mencari tahu ungkapan-ungkapan
yang digunakan untuk menawarkan jasasebagai bahan untuk pertemuan mendatang.
PERTEMUAN 2
a)
KegiatanPendahuluan
1.
PemusatanPerhatiandanmotivasi
:
-
Menginstruksikan
siswa untuk menyebutkan berbagai ungkapan yang digunakan dalam menawarkan jasa.
2.
Apersepsi
:
-
Mengklasifikasikan
beberapa contoh ungkapan yang termasuk menawarkan jasa serta responnya.
3.
Guru menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada
pertemuan tersebut.
4.
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
KegiatanInti
1.
Menginstruksikan
siswa secara individumenuliskan
ungkapan-ungkapan menawarkan jasa sesuai gambar-gambar yang diberikan.(lihat
buku Forward Grade XII halaman 9-10).
2.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
3.
Menginstruksikan
siswa secara individu untuk mendengarkan
audio dan memberi tanda pada kata-kata yang didengar. (lihat buku Forward Grade XII halaman 10).
4.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
5.
Menginstruksikan
siswa secara berpasanganmenjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan audio yang didengar.(lihat buku Forward Grade XII halaman 10-11).
6.
Menginstruksikan
kelompok untuk mempraktekkan dialog
yang didengar dan menyusun dialog baru sesuai dengan topik yang diberikan. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 11).
7.
Menginstruksikan
siswa secara individumenuliskan
respon yang tepat untuk ungkapan menawarkan jasa yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 11-12).
8.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
9.
Menginstruksikan
siswa secara berpasanganberlatih
percakapan yang diberikan dan menyusun percakapan baru sesuai dengan situasi
yang diminta. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 12).
c) Kegiatanakhir
1.
Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu,
sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.
Guru memberikan
penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
individuatau pasangan yang berkinerja baik.
3.
Guru dan siswa
secara individu melakukan refleksi diri.
4.
Menginstruksikan siswa
untuk terus berlatih menggunakan ungkapan sesuai dengan konteks penggunaannya.
PERTEMUAN 3
a)
KegiatanPendahuluan
1.
PemusatanPerhatiandanmotivasi
:
-
Menginstruksikan
siswa untuk menyebutkan contoh ungkapan menawarkan jasa.
2.
Apersepsi
:
-
Menginstruksikan
siswa secara individu untuk mengidentifikasi pronouns yang terdapat dalam ungkapan-ungkapan tersebut.
3.
Guru menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada
pertemuan tersebut.
4.
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
KegiatanInti
1.
Menginstruksikansiswasecaraindividumelengkapikalimatberbentukrumpang.
(lihat buku Forward
Grade XII halaman 14).
2.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
3.
Menginstruksikan
siswa secaraindividumenjodohkan
ungkapan-ungkapan yang diberikan dengan respon yang tepat. (lihat buku Forward Grade XII halaman 16).
4.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
5.
Menginstruksikan
siswa secaraberpasanganmelengkapi
percakapan berbentuk rumpang. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 16).
6.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
7.
Menginstruksikan
siswa secaraberpasanganmembuat
percakapan berdasarkan beberapa contoh situasi yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 17).
8.
Menginstruksikan
siswa secara berpasanganberlatih
percakapan di depan kelas. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 17).
c) Kegiatanakhir
1.
Bersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu,
sertamendorongsiswauntukselalubersyukurdapatmempelajaribahasaInggrissebagaibahasapengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi
diri.
G.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1)
Teknis
: Tesdan Non-Tes
Teknis
|
BentukInstrumen
|
PengamatanSikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
UnjukKerja (Praktik)
|
Speaking Authentic Assessment Rubric
Writing Authentic Assessment Rubric
|
TesTertulis
|
UraiandanPilihanGanda
|
Portofolio
|
PanduanPenyusunanPortofolio
|
2) ContohInstrumen
a) Lembarpengamatansikap
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Bersyukur
|
|
|
|
|
2.
|
Ingintahu
|
|
|
|
|
3.
|
TanggungJawab
|
|
|
|
|
4.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
b) RubrikPenilaianSikap
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Bersyukur
|
3 : menunjukkan ekspresi
bersyukur terhadap
kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar
2 : belum secara eksplisit
menunjukkan ekspresi
bersyukur terhadap kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional, namun menaruh minat
terhadap pembelajaran bahasa Inggris
1 : belum menunjukkan
ekspresi
bersyukur terhadap kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional atau memiliki semangat
belajar
|
2.
|
Rasa InginTahu
|
3 : menunjukkan rasa ingin
tahu yang besar,
antusias, terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok
2 : menunjukkan rasa ingin
tahu, namun tidak
terlalu antusias, terlibat aktif dalam
kegiatan
kelompok ketika disuruh
1 : tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupuntelahdidoronguntukterlibat
|
3.
|
TanggungJawab
|
3 : tekun dalam
menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2 : berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1 : tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4.
|
Disiplin
|
3 : tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas
2 : berupaya tepat waktu
dalam menyelesaikan
tugas, namun melewati dari batas waktu
yang
ditentukan
1 : tidak berupaya
sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
pernah terselesaikan
|
c)
Speaking
Authentic Assessment Rubric
No.
|
Criteria
to be assessed
|
Low
performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very
Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Language Expressions
|
has not shown the use of language expression of giving advice at all
|
use the language expression of
giving advice but not use it in a precise context
|
use the language expression of
giving advice and use it in a precise context
|
|
5.
|
Content
|
simple and plain
|
begins to add some information
|
add more information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final Score =
Total score : 4
|
|
d)
Writing Authentic Assessment Rubric
No.
|
Aspects to assessed
|
Maximum
Score
|
Achieved
Score
|
1.
|
Content and Topic
|
3
|
|
2.
|
Sentence Structure
|
3
|
|
3.
|
Sentence Coherence
|
3
|
|
4.
|
Complexity
|
3
|
|
5.
|
Neatness
|
3
|
|
|
Maximum score : 15
|
15
|
|
No.
|
Aspects to be assessed
|
Score
|
1.
|
Content and Topic
·
content
and topic are appropriate
·
content
and topic are quite appropriate
·
content
and topic are less appropriate
·
content
and topic are inappropriate
|
3
2
1
0
|
2.
|
Sentence Structure
·
perfect
·
quite
well
·
some
are less appropriate
·
inappropriate
|
3
2
1
0
|
3.
|
Sentence Coherence
·
correct
·
quite
correct
·
some
are incorrect
·
all
are incorrect
|
3
2
1
0
|
4.
|
Complexity
·
no
mistakes in using words/terms
·
a
few mistakes in using words/ terms
·
quite
a lot of mistakes in using words/terms
·
many
mistakes in using words/terms
|
3
2
1
0
|
5.
|
Neatness
·
perfectly
neat and clean
·
quite
neat and clean
·
less
neat and clean
·
not
neat and unclean
|
3
2
1
0
|
|
Maximum score : 15
|
|
Final result :Achieved
score X 10 =
Max. Score
Lembar
SELF-REFLECTION
Before I learn this material
|
I don’t understand about :
………………………………………………………………………………………………………………………………
|
When I was learning this material
|
Difficulties :
………………………………………………………………………………………………………………………………
How I overcame the difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
|
After I have learned this material
|
I think ………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
|
Cisaat,
17 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMK …………… Guru
Mata Pelajaran
………………………… ……………………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XII/Semester 1
Materi
Pokok : Giving
Good News and Bad News, Responding to Good
News and Bad News
Sub
Materi Pokok : Countable
and Uncountable Nouns
Alokasi Waktu :
6 x 45 Menit (3 Pertemuan)
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
Indikator :
1) Bersyukur
dapat berlatih menggunakan bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai situasi dan kondisi sebagai
bekal ketika bekerja baik di dalam maupun di luar negeri.
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Indikator :
1)
Menggunakan tata
krama sopan santun dan tata bahasa yang baik ketika melakukan komunikasi
antara dua orang atau lebih dalam situasi informal.
2)
Memiliki rasa peduli
dan ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.
3)
Menunjukkan tanggung
jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional
dengan guru dan teman.
Indikator :
1) Menunjukkan sikap jujur, percaya
diri, dan bertanggung jawab ketika melakukan proses pertukaran pesan
baik verbal maupun nonverbal.
2) Menunjukan disiplin
ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas-tugas.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja
sama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
Indikator :
1)
Menunjukkan sikap peduli dan cinta damai
ketika berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan tertentu.
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang
mengejutkan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
1)
Menunjukkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi
yang mengejutkan, serta responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
1)
Menuliskan teks penyampaian
berita atau informasi yang mengejutkan melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata
yang relevan.
2)
Menuliskan teks penyamaian
berita atau informasi yang mengejutkan dengan menggunakan huruf besar dan tanda
baca yang tepat.
3)
Menghasilkan sebuah teks penyampaian berita atau informasi yang koheren.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1)
Diberikan
kesempatan berlatih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam
berbagai situasi dan kondisi sebagai bekal ketika bekerja baik di dalam maupun
di luar negeri, siswa menunjukkan rasa bersyukur dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar. (Sikap : bersyukur)
2)
Diberikan kesempatan untuk bekerja melalui individu,
berpasangan maupun kelompok, siswa menunjukkan tanggung jawab dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. (Sikap : tanggung jawab)
3)
Diberikan
tugas-tugas individu maupun kelompok, siswa dapat menyelesaikannya dengan tepat
waktu. (Sikap : disiplin)
4)
Siswa
dapat menyajikan sebuah teks tulis tentang penyampaian berita dan informasi dengan
menggunakan susunan teks yang benar, penggunaan huruf besar dan tanda baca yang
benar, kosakata yang relevan dan unsur-unsur kebahasaan yang tepat.
5)
Siswa dapat menjelaskan
secara baik tentang ungkapan memberi saran dan tawaran.
6)
Diberikan berbagai
macam wacana lisan, siswa dapat memahami makna dalam teks dengan merespon
berbagai instruksi berkenaan dengan teks tersebut.
7) Diberikan sebuah wacana tulis tentang penyampaian berita
dan informasi, siswa dapat memahami makna teks tulis melalui berbagai macam
pertanyaan yang berkenaan dengan teks tersebut.
8)
Siswa dapat menghasilkan sebuah teks penyampaian berita
dan informasi.
9)
Siswa dapat memahami countable
dan uncountable nouns serta
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Giving
Good News and Bad News, Responding to Good News and Bad News
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Communicative Approach
Model : Contextual Learning
Metode : Role-Play dan Diskusi
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1)
Alat
dan Bahan : LCD, Laptop,
Speaker, Power Point Presentation
2)
Sumber
Belajar : Buku Forward Grade XII
– Penerbit Erlangga
Kamus
Bahasa Inggris (Oxford- Dictionary)
F. LANGKAH- LANGKAH
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
a)
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Pemusatan
Perhatian dan motivasi :
-
Meminta siswa menuliskan
berita atau informasi mengejutkan yang mereka dengar baru-baru ini.
2.
Apersepsi
:
-
Guru meminta siswa
bekerja berpasangan menuliskan ungkapan berkaitan dengan berita atau informasi
yang mengejutkan sesuai dengan pemahaman yang siswa miliki.
3. Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan tersebut.
4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
Kegiatan
Inti
1.
Memperlihatkan
beberapa gambar dan menginstruksikan siswa secara
individu mendeskripsikan apa yang terjadi pada orang-orang dalam
gambar-gambar tersebut. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 19).
2.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan menuliskan
beberapa sebab situasi seseorang terkejut atau sedih. (lihat buku Forward Grade XII halaman 20).
3.
Menginstruksikan
siswa secara individu mengulangi
pengucapan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam penyampaian berita dan informasi
yang mengejutkan. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 20-21).
4.
Menginstruksikan
siswa secara individu melengkapi
percakapan berbentuk rumpang dan menggaris bawahi ungkapan-ungkapan yang
berkaitan dengan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku
Forward Grade XII halaman 21).
5.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
6.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan dan
bergantian berlatih percakapan yang berisi ungkapan-ungkapan penyampaian berita
dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 21).
7.
Menginstruksikan
siswa secara individu mengenali
kata-kata yang mengandung bunyi ”long o”
dan membuat kalimat dengan kata-kata tersebut serta mengucapkan kalimat yang
dibuat dengan suara keras. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 22).
8.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan berlatih menuliskan
arti ungkapan penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan dalam bahasa
Inggris ke dalam bahasa Indonesia. (lihat buku Forward Grade XII halaman 23).
9.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan untuk
menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia dan membandingkannya dengan ungkapan penyampaian
berita dan informasi yang mengejutkan dalam bahasa Inggris. (lihat buku Forward Grade XII halaman 23).
10. Mengkonfirmasikan jawaban yang benar bersama-sama.
c) Kegiatan
akhir
1.
Bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk
selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau
bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada individu atau pasangan yang
berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi
diri.
4. Menginstruksikan siswa untuk mencari tahu ungkapan-ungkapan
yang digunakan untuk penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan sebagai
bahan untuk pertemuan mendatang.
PERTEMUAN 2
a)
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Pemusatan
Perhatian dan motivasi :
-
Menginstruksikan
siswa untuk menyebutkan berbagai ungkapan yang digunakan dalam penyampaian
berita dan informasi yang mengejutkan.
2.
Apersepsi
:
-
Mengklasifikasikan
beberapa contoh ungkapan yang termasuk penyampaian berita dan informasi yang
mengejutkan serta responnya.
3.
Guru menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada
pertemuan tersebut.
4.
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
Kegiatan
Inti
1.
Menginstruksikan siswa
secara berpasangan menyusun
kalimat-kalimat yang diberikan menjadi percakapan yang utuh sesuai dengan
situasi yang diberikan. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 25).
2.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
3.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan berlatih
percakapan-percakapan yang baru saja disusun di aktivitas sebelumnya. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 25-26).
4.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan berlatih
percakapan yang diberikan di depan kelas tanpa melihat buku. (lihat buku Forward Grade XII halaman 26).
5.
Menginstruksikan
siswa secara kelompok menyusun
percakapan sesuai dengan situasi yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 26).
6.
Mengkonfirmasikan percakapan
yang benar bersama-sama.
7.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan berlatih
percakapan yang baru disusun di aktivitas sebelumnya di depan kelas tanpa
membawa catatan mereka. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 26).
c)
Kegiatan akhir
1.
Bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk
selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.
Guru memberikan
penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
individu, pasangan, atau kelompok yang berkinerja baik.
3.
Guru dan siswa
secara individu melakukan refleksi diri.
4.
Menginstruksikan siswa
untuk terus berlatih menggunakan ungkapan sesuai dengan konteks penggunaannya.
PERTEMUAN 3
a)
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Pemusatan
Perhatian dan motivasi :
-
Menginstruksikan
siswa untuk menyebutkan contoh ungkapan penyampaian berita dan informasi yang
mengejutkan.
2.
Apersepsi
:
-
Menginstruksikan
siswa secara individu untuk mengidentifikasi countable dan uncountable nouns yang terdapat dalam
ungkapan-ungkapan tersebut.
3.
Guru menyampaikan
garis besar tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada
pertemuan tersebut.
4.
Guru menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan tersebut.
b)
Kegiatan
Inti
1.
Menginstruksikan
siswa secara individu melengkapi kalimat
berbentuk rumpang. (lihat buku Forward Grade XII halaman 28).
2.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
3.
Menginstruksikan
siswa secara individu memilih ungkapan yang tepat untuk kalimat-kalimat yang
diberikan. (lihat buku Forward Grade
XII halaman 29).
4.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
5.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan menggaris bawahi ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam
penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 29).
6.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
7.
Menginstruksikan
siswa secara individu mengerjakan latihan yang berkaitan dengan materi countable dan uncountable nouns. (lihat
buku Forward Grade XII halaman 30).
8.
Mengkonfirmasikan
jawaban yang benar bersama-sama.
9.
Menginstruksikan
siswa secara berpasangan membuat
percakapan tentang penyampaian berita dan informasi yang mengejutkan sesuai
dengan gambar-gambar yang diberikan. (lihat buku Forward Grade XII halaman 30-31).
10. Menginstruksikan siswa secara berkelompok menuliskan berita dan informasi mengejutkan yang
mereka tahu. (lihat buku Forward
Grade XII halaman 32).
c)
Kegiatan akhir
1.
Bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu, serta mendorong siswa untuk
selalu bersyukur dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Guru memberikan penghargaan (misalnya: pujian atau bentuk
penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
3. Guru dan siswa secara individu melakukan refleksi
diri.
G. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1)
Teknis
: Tes dan Non-Tes
Teknis
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan
Rubrik
|
Unjuk
Kerja (Praktik)
|
Speaking
Authentic Assessment Rubric
Writing
Authentic Assessment Rubric
|
Tes
Tertulis
|
Uraian
dan Pilihan Ganda
|
Portofolio
|
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2)
Contoh Instrumen
a)
Lembar pengamatan sikap
No.
|
Aspek
Yang Dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Bersyukur
|
|
|
|
|
2.
|
Ingin
tahu
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
4.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
b)
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Bersyukur
|
3 : menunjukkan ekspresi bersyukur terhadap
kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2 : belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi
bersyukur
terhadap kesempatan dapat
mempelajari
bahasa Inggris
sebagai
bahasa pengantar komunikasi
internasional, namun menaruh minat terhadap pembelajaran bahasa
Inggris
1 : belum menunjukkan ekspresi
bersyukur
terhadap kesempatan dapat
mempelajari
bahasa Inggris
sebagai
bahasa pengantar komunikasi
internasional atau memiliki semangat
belajar
|
2.
|
Rasa
Ingin Tahu
|
3 : menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias,
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok
2 : menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias,
terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok
ketika disuruh
1 : tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit
terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
3.
|
Tanggung
Jawab
|
3 : tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil
terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun
belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4.
|
Disiplin
|
3 : tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
2 : berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun
melewati dari batas waktu yang
ditentukan
1 : tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
pernah
terselesaikan
|
c)
Speaking
Authentic Assessment Rubric
No.
|
Criteria
to be assessed
|
Low performance
7
|
Good
Performance
8
|
Very Good
Performance
9
|
Score
|
1.
|
Pronunciation
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
perfect pronunciation
|
|
2.
|
Intonation
|
monotonous
|
begins to vary the intonation
|
accurate intonation
|
|
3.
|
Grammar
|
too many mistakes
|
with 2 until 5
mistakes
|
no mistakes in grammar
|
|
4.
|
Language Expressions
|
has not shown the use of language expression of giving advice at
all
|
use the language expression of
giving advice but not use it in a precise context
|
use the language expression of
giving advice and use it in a precise context
|
|
5.
|
Content
|
simple and plain
|
begins to add some information
|
add more information
|
|
|
Total score
|
|
|||
|
Final
Score =
Total score : 4
|
|
d)
Writing Authentic Assessment Rubric
No.
|
Aspects to assessed
|
Maximum
Score
|
Achieved
Score
|
1.
|
Content
and Topic
|
3
|
|
2.
|
Sentence
Structure
|
3
|
|
3.
|
Sentence
Coherence
|
3
|
|
4.
|
Complexity
|
3
|
|
5.
|
Neatness
|
3
|
|
|
Maximum
score : 15
|
15
|
|
No.
|
Aspects to be assessed
|
Score
|
1.
|
Content
and Topic
·
content
and topic are appropriate
·
content
and topic are quite appropriate
·
content
and topic are less appropriate
·
content
and topic are inappropriate
|
3
2
1
0
|
2.
|
Sentence
Structure
·
perfect
·
quite
well
·
some
are less appropriate
·
inappropriate
|
3
2
1
0
|
3.
|
Sentence
Coherence
·
correct
·
quite
correct
·
some
are incorrect
·
all
are incorrect
|
3
2
1
0
|
4.
|
Complexity
·
no
mistakes in using words/terms
·
a
few mistakes in using words/ terms
·
quite
a lot of mistakes in using words/terms
·
many
mistakes in using words/terms
|
3
2
1
0
|
5.
|
Neatness
·
perfectly
neat and clean
·
quite
neat and clean
·
less
neat and clean
·
not
neat and unclean
|
3
2
1
0
|
|
Maximum
score : 15
|
|
Final result :
Achieved score X 10 =
Max. Score
Lembar SELF-REFLECTION
Before
I learn this material
|
I
don’t understand about : ………………………………………………………………………………………………………………………………
|
When
I was learning this material
|
Difficulties
: ………………………………………………………………………………………………………………………………
How
I overcame the difficulties : ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
|
After
I have learned this material
|
I
think ………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Cisaat,
15 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMK Guru
Mata Pelajaran
If you're trying hard to lose pounds then you have to try this brand new personalized keto meal plan diet.
ReplyDeleteTo create this keto diet, licenced nutritionists, fitness trainers, and chefs have joined together to provide keto meal plans that are effective, convenient, economically-efficient, and satisfying.
Since their launch in 2019, 100's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a certified keto meal plan diet can provide.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto meal plan diet.